9 Jenis Pemasaran Digital (dan Cara Menggunakannya!)

9 Jenis Pemasaran Digital (dan Cara Menggunakannya!)


Pemasaran Digital.

Mencari cara yang efektif untuk meningkatkan lalu lintas ke situs Anda dan menarik lebih banyak pembeli ke bisnis Anda?

Pemasaran digital bukan hanya kata kunci yang dilemparkan ke acara-acara networking. Anda perlu memahami jenis pemasaran digital yang Anda inginkan. Anda perlu menggunakan metode ini untuk tetap bertahan di lautan persaingan digital dan menonjol dari kerumunan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas seluk beluk pemasaran digital. Kami akan membahas definisi istilah, kepentingan, dan mengajari Anda cara menggunakan 9 jenis pemasaran digital.

Pada akhirnya, Anda akan merasa yakin dengan kemampuan Anda untuk menggunakan pemasaran digital sebagai bagian efektif dari keseluruhan strategi pemasaran Anda.
Apa itu Pemasaran Digital?

Kebanyakan orang melakukan pekerjaan yang buruk dengan memakukan definisi pemasaran digital. Istilah ini kurang kabur dari yang Anda bayangkan sejak awal.

Apa itu pemasaran digital? Semua jenis pemasaran untuk produk atau layanan yang menggunakan perangkat elektronik.

Jika Anda bisa mempercayainya, pemasaran digital bukanlah hal baru. Pemasaran digital muncul ketika perangkat elektronik memasuki kehidupan kita. Orang sering berasumsi bahwa pemasaran digital adalah tentang pemasaran konten dan media sosial. Meskipun ini ada sebagai jenis pemasaran digital, mereka tidak mencakup semuanya. Pemasaran digital terjadi online dan offline.

Kami akan menyentuh pemasaran offline di akhir artikel ini, tetapi sebagian besar waktu kita bersama akan terdiri dari taktik pemasaran online. Anda memerlukan kedua bentuk pemasaran digital untuk strategi pemasaran yang sangat efektif. Jika Anda bertanya-tanya mengapa pemasaran digital itu penting, baca terus!
Mengapa Pemasaran Digital Penting

Jumlah waktu yang kami habiskan untuk terhubung ke perangkat elektronik kami meningkat setiap hari. Bahkan, orang Amerika menghabiskan lebih dari 11 jam setiap hari menggunakan perangkat elektronik.
Pertimbangkan jenis-jenis pemasaran digital berikut dan pikirkan yang mana yang paling cocok untuk industri Anda, perusahaan Anda, dan audiens Anda.
Jenis Pemasaran Digital


Kami telah tiba! Saatnya terjun lebih dulu ke 9 jenis pemasaran digital. Jenis pemasaran digital online meliputi:



1. Optimasi Mesin Pencari
Search Engine Optimization atau SEO mengacu pada proses meningkatkan visibilitas online Anda dalam hasil mesin pencari (organik) yang tidak berbayar. SERP atau halaman hasil mesin pencarian muncul kepada pengguna setelah mereka mencari serangkaian kata kunci tertentu menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing. Setiap pengguna menerima halaman hasil individual berdasarkan kata kunci, lokasi pengguna pada saat pencarian, dan riwayat penelusuran mereka.

Hasil pencarian organik muncul dalam daftar dan diberi peringkat menggunakan algoritma mesin pencari. Ketika pengguna mengubah cara mereka mencari dan terlibat dengan konten online, algoritma ini berubah. Semakin tinggi peringkat Anda pada SERP, semakin banyak lalu lintas diarahkan ke situs Anda dan semakin banyak peluang membuat pengunjung pasif menjadi pelanggan aktif.

Bagaimana Anda membuat situs web perusahaan Anda muncul di bagian atas hasil pencarian organik pengguna?

Dengan mengoptimalkan situs web Anda menggunakan SEO.
Dapatkan Penawaran SEO GRATIS!

Kami telah menciptakan proses yang luar biasa untuk meraih kesuksesan bisnis online Anda dan kami ingin membantu organisasi Anda. Silakan hubungi kami hari ini untuk mempelajari lebih lanjut dan dapatkan qoute gratis!
DAPATKAN KUTIPAN GRATIS

Optimalisasi mesin pencari mencakup banyak faktor dari kata kunci dalam konten Anda hingga tautan ke situs web Anda di seluruh web. Ini mencakup On-page dan Off-page SEO. SEO pada halaman mengacu pada langkah-langkah yang Anda lakukan di situs web Anda sendiri untuk meningkatkan SEO Anda. Off-page mengacu pada hubungan yang Anda buat dan tindakan yang Anda lakukan di luar situs web Anda untuk memicu SEO.

Tren SEO berubah karena algoritma berubah agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan cara ini, SEO tidak pernah tentang membangun situs web untuk tujuan peringkat tinggi pada hasil daftar. Pada intinya, SEO adalah tentang membuat situs web terbaik untuk pengguna Anda. Jika Anda tetap mengikuti tren SEO, Anda jauh lebih dekat dengan lebih banyak visibilitas online dan lalu lintas ke situs Anda.

2. Pemasaran Mesin Pencari
Search Engine Marketing atau SEM mencakup dasar-dasar SEO yang diabaikan, lalu lintas berbayar dari mesin pencari. Dengan SEM Anda membeli ruang iklan yang muncul di SERP pengguna. Platform pencarian berbayar yang paling umum adalah Google AdWords. Selanjutnya, adalah Iklan Bing.

Mesin pencari menagih pemasar jumlah yang telah ditentukan untuk menampilkan iklan di sejumlah tempat pada SERP yang dihasilkan dari kata kunci atau frasa tertentu. Salah satu contoh SEM adalah iklan bayar per klik atau PPC. PPC mengacu pada metode pemasaran digital di mana mesin pencari menagih perusahaan setiap kali iklan mereka diklik.

Platform media sosial mulai mengadopsi iklan PPC dalam beberapa bulan terakhir. Iklan-iklan ini muncul di feed berita dari audiens target perusahaan. Sistem ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana berbagai jenis pemasaran digital berdarah satu sama lain untuk membentuk strategi pemasaran digital yang lengkap. Dalam contoh ini, SEM tumpang tindih dengan pemasaran media sosial.

 
3. Pemasaran Media Sosial
Sekarang Anda tahu bahwa media sosial adalah bagian penting dari strategi pemasaran Anda. Tapi tahukah Anda seluk beluk pemasaran media sosial? Pemasaran media sosial memberi Anda peningkatan eksposur. Hal ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan konsumen Anda dengan cara yang lebih intim. Dari interaksi ini, Anda dapat memperoleh umpan balik pelanggan yang berharga yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan layanan pelanggan, produk, atau layanan Anda.

Menggunakan pemasaran media sosial Anda akan mendapatkan lebih banyak jangkauan ketika Anda memposting konten berkualitas. Semua yang Anda lakukan untuk meningkatkan lalu lintas atau bisnis di saluran media sosial Anda adalah pemasaran media sosial. Baik Anda di Facebook, Twitter, Snapchat, atau LinkedIn, semua upaya ini sama dengan pemasaran media sosial.

Sebagian besar semua orang mendapat manfaat dari pemasaran media sosial, tetapi perusahaan B2C akan mendapatkan keuntungan terbesar. Perhatikan apa yang dibicarakan audiens target Anda di media sosial. Terlibat dalam percakapan. Gunakan pemasaran media sosial sebagai cara untuk mengukur konten apa yang Anda hasilkan dengan baik dengan memonitor saham dan suka. Saham sama dengan iklan gratis untuk Anda.
 
4. Pemasaran Konten
Pemasaran konten mengacu pada praktik memberikan konten berkualitas kepada pengguna Anda untuk menghasilkan penjualan dan prospek. Konten ini dapat hidup di mana saja secara online. Tweet, video YouTube, dan blog di situs web Anda semuanya terdiri dari pemasaran konten. Pemasaran Konten berfungsi karena menggabungkan konten yang luar biasa dengan jenis pemasaran digital lainnya seperti SEO dan Pemasaran Media Sosial.

Ingat audiens Anda saat Anda membuat konten. Ingat siapa yang Anda ajak bicara dan apa yang mereka minati. Ini akan menentukan subjek konten Anda. Pertimbangkan bahasa yang digunakan audiens Anda ketika mereka mencari informasi secara online. Gunakan kata kunci ini untuk meningkatkan SEO Anda.

Terakhir, bagikan konten Anda di semua platform media sosial Anda untuk mendapatkan paparan dan umpan balik maksimum. Pemasaran konten adalah praktik yang berkelanjutan. Ini tidak selalu tentang penjualan tetapi lebih tentang melibatkan dan mendidik konsumen Anda untuk membangun pengakuan merek, kepercayaan, dan ekuitas.

Tinggal jauh dari potongan-potongan bulu. Pikirkan tentang seberapa banyak konten yang didapat pengguna setiap hari. Membuat konten yang relevan dan berkualitas membantu Anda menonjol dan meningkatkan SEO Anda.

Dan pertimbangkan memiliki orang lain blog dan backlink ke situs Anda, alat yang sangat bagus untuk ini adalah LovingDA.com.

5. Pemasaran Afiliasi
Pemasaran afiliasi mengacu pada proses pembayaran untuk konversi. Anggap saja seperti mempekerjakan orang penjualan untuk produk atau layanan Anda. Afiliasi itu mendapat komisi. Anda menentukan tingkat untuk pemasaran afiliasi. Anda hanya membayar untuk konversi. Ini berarti tidak ada biaya dimuka untuk pemasaran afiliasi. Banyak blogger atau situs web e-commerce menggunakan pemasaran afiliasi.

Ketika Anda memilih untuk menggunakan pemasaran afiliasi, pastikan bahwa semua syarat dan batasan Anda dibahas sebelumnya. Afiliasi mewakili merek Anda, jadi Anda ingin mereka membawa pesan merek Anda dekat dengannya. Pikirkan tentang jenis kata yang Anda inginkan untuk digunakan afiliasi. Tentu saja, Anda perlu membuat kesepakatan itu berfungsi untuk afiliasi juga.
 
6. Pemasaran Influencer
Influencer marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital yang lebih baru. Pemasaran influencer menggunakan orang-orang dengan jangkauan online yang sangat besar yang dianggap ahli oleh target pasar Anda untuk mengarahkan lalu lintas dan penjualan.

Pemasaran influencer populer di saluran media sosial seperti Instagram dan Snapchat. Perusahaan mempekerjakan Instagrammer dengan pengikut besar untuk mempromosikan merek mereka dengan memposting satu atau lebih foto dengan produk. Perusahaan sekarang terlibat dalam "pengambilalihan" Instagram atau Snapchat di mana pengaruh yang disewa mengontrol platform media sosial perusahaan untuk jangka waktu tertentu, paling sering sehari. Pengambilalihan media sosial ini mendorong pengikut influencer ke saluran media sosial Anda meningkatkan pengikut baru dan tampilan unik Anda.

Selalu pastikan untuk melakukan riset tentang influencer sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis dengan mereka. Anda mungkin ingin memverifikasi analitik Google mereka dan memastikan bahwa pengikut mereka terbukti sah dan tidak penuh dengan akun palsu.

7. Pemasaran Email
Pemasaran email memungkinkan Anda memperbarui pelanggan email Anda secara teratur tentang perusahaan Anda. Ini memupuk hubungan tidak seperti jenis pemasaran digital lainnya. Pembaruan email Anda memberikan nilai kepada konsumen Anda. Akibatnya, Anda membangun kepercayaan merek dan loyalitas merek.

Kampanye pemasaran email terbaik melibatkan daftar pelanggan yang diperoleh oleh konten dan perusahaan Anda, tidak dibayar oleh perusahaan Anda. Orang yang ikut serta dalam langganan email Anda terbukti lebih mungkin menjadi pembeli aktif.
 
8. Viral Marketing
Viral marketing mengacu pada posting semacam yang trendi, lucu, atau cukup aneh untuk mengumpulkan sejumlah besar saham online. Viral marketing menyebabkan lonjakan besar dalam lalu lintas situs web dalam waktu singkat. Ini sulit dilakukan tetapi manfaatnya saja membuat usaha Anda sepadan dengan waktu Anda.

Perusahaan B2C berdiri untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran viral. Perusahaan B2C dapat menggunakan media sosial untuk menjangkau audiens yang sangat besar di semua platform aktif mereka.
 
9. Iklan Ponsel
Setiap jenis iklan digital dapat terjadi pada perangkat seluler. Beberapa jenis pemasaran menggunakan ponsel tidak sesuai dengan jenis pemasaran digital di atas.

Ini termasuk iklan SMS yang dapat membuktikan aset bagi upaya pemasaran lokal. Anda dapat meminta konsumen Anda menggunakan SMS untuk menerima penawaran, kupon, dan pembaruan khusus dari perusahaan Anda.


  



Comments